Sabtu, 04 November 2017

Teknologi komunikasi dan manfaatnya dalam kegiatan bisnis

" Teknologi komunikasi & manfaatnya dalam kegiatan bisnis "

11.     Internet


Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 



Manfaatnya dalam kegiatan Bisnis
·         Menjual Produk : Jika anda mempunyai produk bisa dipasarkan melalui website yang telah dibuat, kemudian diiklankan melalui media internet.
·         Menjual Informasi : Jika anda mempunyai informasi yang berharga dan tidak banyak orang tahu, maka informasi tersebut bisa anda jual. Produk bisa dikemas dalam bentuk ebook.
·         Pemasaran Online : Anda bisa menjual produk orang lain melalui website anda. Sebuah perusahaan bisa memasarkan produk atau jasa tanpa menggunakan teknik pemasaran tradisional seperti brosur, surat dan iklan di surat kabar.
·         Menjual Program/software yang bermanfaat : Jika Anda adalah seorang programer komputer yang ahli, maka Anda pun bisa menjual Software buatan Anda tersebut lewat jalur internet. Misalnya, software untuk mengirimkan iklan baris ke ratusan bahkan ribuan situs iklan baris hanya dengan satu kali klik, dsb.
·         Kursus Online : Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang bahasa, anda bisa mengajarkan kursus online lewat website
·         Jika Anda adalah seorang penulis buku, maka Anda bisa menjual hasil karya Anda di Toko Buku Online.
·         Web hosting dan menjual kembali paket web hosting.
·         Menjual nama domain.
·         Membeli, mengembangkan dan menjual website.
·         Membangun komunitas online seperti forum, dating dan situs jejaring sosial.

2. Smartphone
Manfaatnya dalam kegiatan Bisnis
  • Menyimpan data dengan mudah
  • Buat dan catat jadwal kegiatan harian
  • Menjaga komunikasi
  • Mudah mendapatkan informasi
  • Mempermudah pekerjaan

3. e-mail


E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

Manfaatnya dalam kegiatan Bisnis
  • Mempermudah komunikasi
  • Memperkenalkan profil dari perusahaan
  • Menjadi sarana publikasi
  • Kemudahan memberi informasi
  • Menimbulkan kesan sebagai perusahaan profesional
  • Mencari Partner
4. Radio 
Radio adalah media yang paling dekat dengan iklan. Seringkali orang-orang yang anda targetkan secara sungguh-sungguh mendengarkan radio dan iklan radio saat mengemudi, bekerja dan sebagainya. Hal itu bisa menjadi baik secara kelompok atau hanya satu individu. Jika anda mengukur waktu dan tujuan pada khalayak yang tepat pada saat yang tepat, efektivitasnya tidak dapat diabaikan. Selain itu pendengar radio memiliki demografi sendiri. Dengan demikian, anda juga dapat menjangkau khalayak yang luas melalui iklan radio.

Manfaatnya dalam kegiatan Bisnis
  • Membantu mempromosikan kegiatan - kegiatan bisnis yang dilakukan suatu perusahaan
  • Menjadi sarana publikasi dimana orang banyak bisa mendapatkan informasi suatu bisnis / perusahaan
5. Komputer


Komputer adalah suatu alat yang dapat dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah ditentukan. Kata computer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki sebuah pekerjaan melakukan perhitungagn aritmatika, dengan atau tanpa sebuah alat bantu, tetapi arti kata tersebut kemudian diubah menjadi sebuah mesin. Pada mulanya pengolahan informasi sudah hampir eksklusif berhubungan dengan suatu masalah aritmatika, tetapi komputer modern dapat dipakai untuk mengerjakan berbagai tugas yang mungkin tidak berhubungan dengan matematika.
ng laba rugi, inventaris dan sebagainya.
  • Pada perusahaan jasa seperti perbankan computer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM dan sebagainya.
  • Untuk proses akuntansi, analisis keuangan, neraca, laba rugi dan sebagainya
  • Untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), apotek dan bermacam usaha kecil lainnya
6. Majalah

Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel–artikel dari berbagai penulis (Assegaff, 1983). Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. 

Manfaatnya dalam kegiatan Bisnis
  • Sebagai sumber informasi
  • Sebagai media informasi
  • Sebagai media promosi
  • Sebagai media pembelajaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar